Tutorial Aplikasi Bunga Ukuran Medium Dari Pita Satin Polos-First Crafting Project


Assalamualaikum...

Ini craft project pertama yang saya tulis di blog ini. Blog ini seterusnya akan berisi tulisan mengenai tutorial menjahit, craft, DIY dan semua yang berhubungan dengan itu. Semoga bermanfaat bagi kalian yang punya hobi sewing atau crafting. Kali ini saya akan membuat tutorial mengenai aplikasi bunga dari pita satin. Hari ini adalah weekend dan saya sedang tidak ada kegiatan keluar rumah lalu ketika melihat tumpukan pita satin sisa hias seserahan waktu pernikahan saya, jadi kepikiran untuk memanfaatkan pita-pita tersebut. Lalu terfikirlah aplikasi bunga, yang nantinya dapat dipakai untuk hiasan atau bross.



Aplikasi bunga yang akan saya buat kali ini dibuat dari pita satin, memakai 5 bagian pita yang nantinya akan dijadikan kelopak. Saya juga akan menambah efek lekuk kelopak bunga. Kombinasi yang saya pakai adalah pink karena ini warna kesukaan saya..hehehe. Kalian boleh mengkobinasikan warna apa saja yang kalian suka. Ukuran pita pun sesuai selera kalian. Rencananya saya akan gunakan aplikasi bunga ini untuk headband anak kecil. Siapa tahu nanti punya anak perempuan (amin..) atau mungkin akan saya hadiahkan untuk keponakan-keponakan cantik saya. Tanpa panjang lebar lagi yuk simak tutorialnya dibawah ya.

  • Alat dan bahan:
- Pita Satin (ukuran dan warna sesuai keinginan, saya pakai ukuran 2,5cm pink muda dan 2 cm pink fuschia)
- Benang jahit (warna senada dengan pita)
- Jarum jahit
- Pita ukur/penggaris
- Gunting
- Kain flanel (warna senada dengan pita)
- Lem UHU/ glue gun
- Lilin
Alat dan Bahan


  • Cara membuat:
  1. Gunting pita dengan panjang 6cm (atau disesuaikan dengan keinginan). Gunting 5 buah untuk masing-masing warna pita.
    Hasil gutingan
  2. Rapikan pinggiran pita hasil guntingan dengan menggunakan lilin. Hal ini bertujuan agar serat pita tidak berantakan ketika dijahit.
    Bakar pinggiran pita
  3. Siapkan benang jahit, lipat pita pink muda kemudian jahit bagian bawah pita.
    Jahit pita
  4. Tanpa mengikat jahitan pita pertama, lanjutkan menjahit untuk pita kedua dan seterusnya. Sampai semua pita dijahit. Lakukan juga untuk warna yang fuschia.
    Gabungan 5 pita
  5. Kerutkan pita dengan menarik benang jahit, lalu ikat benang tersebut. Akan dihasilkan 5 kelopak yang menyatu.
    Hasil jahitan
  6. Untuk membuat kelopak lebih berbentuk jahit jelujur bagian belakang pita kemudian tarik dan ikat untuk mengamankan jahitan agar tidak lepas.
    Jahit bagian belakang
  7. Gabungkan kedua aplikasi bunga warna pink dan fuschia menggunakan lem UHU atau glue gun. Tunggu sampai kering.
    Satukan menggunakan lem
  8. Sambil menunggu kering, gunting kain flanel berbentuk bulat dengan ukuran disesuaikan dengan ukuran bunga.
    Kain flanel
  9. Kemudian lem kain flanel dibagian belakang bunga.
    Langkah 10
  10. Beri hiasan mote dibagian tengah bunga, agar terlihat lebih cantik.
    Aplikasi bunga
  11. Aplikasi bunga siap digunakan. Bisa ditambahkan peniti, jepit rambut atau dijadikan hiasan untuk headband.



Nah..itu tutorial untuk aplikasi bunga dari pita satin. Semoga tutorialnya cukup jelas dan bisa dijadikan panduan. Silahkan kreasikan sesuka kalian. Jangan lupa share ya kalau kalian sudah mencoba dirumah, bisa tag saya di IG @hayu_ni. Atau kalau ada pertanyaan, request tutorial bisa komen dibawah. See you on my next tutorial!!

Love

Hayuni

No comments

Silahkan komen dibawah untuk sharing mengenai sewing & crafting, pertanyaan dan ingin berdiskusi mengenai project menjahit. Terimakasih sudah berkomentar dengan bahasa yang sopan. Maaf komen berisi backlink tidak saya tampilkan.