DIY: Tutorial Jahit Tote Bag Mudah Bagi Pemula (Tote Bag With Zipper Tutorial)


Hello Beautiful Crafter!!

Saya mulai belajar menjahit (otodidak) berbekal tutorial youtube dan blog tahun 2014. Saya beli mesin jahit saat itu, langsung beli mesin yang banyak stik jahitannya (kapan-kapan saya kasih reviewnya ya). Lalu saya langsung berambisi jahit baju. Kursus gak ada tapi maunya langsung bisa. Alhasil baju yang saya buat jahitannya miring-miring gak karuan. Lalu setelah itu saya berhenti menjahit cukup lama karena kesibukan. Akhir tahun lalu, ketika sedang bbm-an dengan kakak ipar saya kembali teringat dengan mesin jahit saya yang sudah banyak sarang laba-labanya. Saat itu kakak ipar cerita kalau mau membuat celemek ke tukang jahit untuk anaknya. Kemudian saya menawarkan membuatkan celemek, daripada harus mengeluarkan biaya menjahit ke tukang jahit toh. Celemek pun jadi dengan segala usaha menghilangkan rasa malas. Tutorialnya bisa dilihat di blog saya yang KacamataHayuni!! (Tutorial Menjahit Celemek Anak (DIY)). Akhirnya saya pun semangat lagi untuk menjahit. Saya fikir, mungkin saya harus memulai dengan proyek menjahit yang kecil-kecil dulu seperti celemek atau tempat pensil (Tutorial Menjahit Tempat Pensil).


Pada suatu saat kala sedang blog walking, tiba-tiba saya kepingin jahit tote bag terus diberi inisial nama atau tote bag-nya dilukis gitu. Akhirnya malam tahun baru kemarin saya mencoba membuat tote bag. Hasilnya lumayan juga. Buat kalian yang lagi belajar menjahit dan mau membuat tote bag, simak tutorialnya dibawah ini ya.


  • Alat dan Bahan
Alat dan Bahan

- Kain Kanvas, warna putih tulang (bahan yang sama yang dipakai jahit tempat pensil)
- Kain keras viselin
- Benang jahit warna senada dengan kain
- Meteran jahit
- Gunting bahan
- Resleting ukuran panjang 30cm
- Renda motif vintage untuk hiasan tali tas
- Mesin jahit
- Kapur jahit
- Transfer Paper / Tinta kain (untuk membuat inisial di tas)


  • Cara Membuat
1. Ukur kain kanvas dan kain keras menggunakan meteran dan kapur jahit sesuai dengan keinginan, saya membuat ukuran 35cm x 40cm.
2. Kemudian tempel kain keras pada kain kanvas, kemudian panaskan menggunakan setrikaan sampai menempel. Saya memakai kain keras untuk melapisi kain kanvas, tapi hasilnya memang menjadi kaku. Mungkin lebih baik untuk pelapis kalian bisa pakai kain furing saja.
Lapisan kain keras/viselin

3. Ukur kain kanvas lebar 8cm x 60cm untuk dijadikan tali tas. Kemudian lipat dua. Lalu lipat setengah cm pada sisi-sisinya dan jahit menggunakan jahit lurus.
Tali Tas

4. Saya menambahkan hiasan renda vintage untuk bagian depan/atas tali. Saya jahit rendanya menggunakan jahitan lurus.
Jahit Renda
5. Siapkan resleting. Saya membuat pelapis ujung resleting menggunakan kain kanvas agar ujung resleting terlihat rapih. Jahit kedua penutup ujung resleting tersebut.
Ukuran Panjang

Lipat sekitar 1cm dikedua ujung

Jahit pada masing-masing pinggir resleting

6. Jahitkan tali tas bersama resleting ke bagian atas kain kanvas. Kalian bisa menggunakan sepatu jahit resleting atau sepatu jahit biasa.
Bagian atas tas

7. Lalu saya jahit sisi kanan, kiri dan bawah menggunakan jahit zigzag terlebih dahulu agar benang dari kain tidak keluar-keluar. Setelah itu saya jahit menggunakan jahitan lurus biasa.
Jahit Pinggiran dan Bawah Tas

8. Pada bagian bawah saya ukur 5cm x 5cm untuk tiap sisi. Kemudian dibuat segitiga pada ujung (lihat gambar untuk lebih jelasnya). Tarik garis dari tanda ukuran 5cm x 5cm kemudian jahit tepat diatas garis tersebut.

9. Saya menambahkan inisial Mrs. Alf untuk di bagian depan tas menggunakan transfer paper.
Menggunakan Transfer Paper

10. Tas siap digunakan
Hasil Akhir


Perdana tas ini saya pakai pergi belanja di mini market. Ketika ditanya kasir pakai kantong plastik atau tidak, rasanya bangga jawab "gak pakai kantong plastik mba"..hahaha (sok go green yey).
Saya berusaha memposting tutorial atau tulisan lain di blog ini setiap hari Minggu. Semoga bisa rutin, Amin.. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau ada pengalaman yang ingin dibagi silahkan tulis di komen ya, Insya Allah dibalas. See you on next project!!



4 comments

  1. Kk...boleh bagi pola lewat wa???
    Biar lebih mudah๐Ÿ˜Š๐Ÿ™
    Aku boleh minta no kk??

    Atau ini no aku KK 083155338460
    Aku msh benar2 pemula. Udh km pengangguran mna tau ada rejeki di sini ya puji Tuhan๐Ÿ˜Š
    Smoga kk mau membantu๐Ÿ™๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo maaf banget aku baru lihat ada komen ini. Aku gak punya polanya. Karena sudah lama juga gak jahit. Mesin jahitnya sudah ku jual huhu. Maaf ya..

      Delete
  2. Tas tote bag nya dijual gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku gak jual mas. Ini juga sudah lama buatnya. Waktu masih punya mesin jahit iseng-iseng gitu.. Makasih sudah berkunjung ya :)

      Delete

Silahkan komen dibawah untuk sharing mengenai sewing & crafting, pertanyaan dan ingin berdiskusi mengenai project menjahit. Terimakasih sudah berkomentar dengan bahasa yang sopan. Maaf komen berisi backlink tidak saya tampilkan.