DIY: Tutorial Menjahit Celemek Anak Dengan Mudah



Assalamualaikum Ladies!!

Bulan lalu waktu lihat postingan kakak ipar yang lagi buat mainan dapur-dapuran untuk anaknya, saya jadi tiba-tiba kepingin buatin celemek/apron untuk ponakan saya itu. Supaya lengkap deh mainan untuk masaknya dibuat sendiri alias DIY. Alhasil saat itu juga saya langsung cari bahan online karena hanya mau beli sedikit jadi daripada harus jauh-jauh ke Bekasi. Bahan yang saya gunakan disini adalah bahan katun biasa. Saya fikir untuk anak kecil terus untuk masak-masakan pula pasti cepat kotor jadi pakai katun biasa saja harganya terjangkau dan mudah untuk dicuci. 
Niatnya hanya mau jahit untuk keponakan saja, tetapi kalau celemeknya samaan sama bundanya lucu juga ya. Akhirnya saya juga jahitkan untuk bunda, tetapi ukuran yang ada di tutorial ini ukuran untuk anak ya. Untuk ukuran apron nanti saya kasih tahu detailnya. Kalau saya, minta tolong diukur anaknya dan bundanya (secara mereka di jogja saya di cibarusah). Tanpa panjang lebar lagi yuk simak tutorial apron dibawah ini.




Alat dan Bahan:
- Bahan katun motif anak 1m
- Bahan katun polos 1m
- Benang jahit warna sesuai dengan warna bahan
- Pita satin
Velcrow
- Mesin jahit
- Jarum jahit
- Spidol jahit/Kapur jahit
- Meteran
- Penggaris
Bahan-bahan

Keterangan Pola:
LB = Lebar Badan (Diukur dari ketiak kanan sampai ketiak kiri)
PB = Panjang Badan (Diukur dari ketiak sampai pinggang)
TB = Tinggi Badan (Diukur dari ketiak sampai lutut/sesuai selera)
PR = TB-PB
LP = Lingkar Pinggang


Pola Apron

Cara membuat:

  1. Pertama saya gambar semua pola diatas di bahan langsung menggunakan spidol/kapur jahit. Kamu bisa menggambar pola di kertas koran terlebih dahulu jika kurang yakin. Lebihkan 1-2cm untuk jahitan.
    Pola Atasan
  2. Gunting bahan sesuai dengan pola yang sudah dibuat.
  3. Pertama jahit untuk pita. Lipat bahan menjadi 4 bagian sehingga di dapat 2 cm lebar pita. Masing-masing pinggiran dilipat ketengah, kemudian jahit kedua lipatannya (lihat contoh gambar). Lakukan hal yang sama untuk bagian atas pita. Panjang pita untuk bagian leher saya pakai 82 cm kemudian dibagi 2 untuk kanan dan kiri. Sedangkan pita untuk pinggang panjang pita = LP + 50 (atau sesuai selera).
    Pita
  4. Untuk atasan, saya pakai 2 bahan. Kamu bisa pakai 1 bahan saja, kemudian jahit pinggiran kain. 
  5. Jahit pita untuk leher di sisi kanan dan kiri atasan. Kamu bisa biarkan begitu saja, jadi nanti pitanya diikat kebelakang leher atau kamu bisa pakai velcrow untuk mengatur panjangnya pita. Bagian atas selesai.
  6. Jahit pinggiran kanan, kiri dan bawah (bagian atas tidak usah) bahan untuk bagian bawah apron.
    Jahit Pinggiran Kain
  7. Bagian bawah saya akan buat rempel kecil jadi apron model vintage. Saya jahit bagian atas kain dengan jahitan lurus, longgar dan jarak jahit lebar. Untuk mesin jahit modern ada pengaturan keketatan jahitan saya pakai yang paling longgar agar benang mudah ditarik. Tarik benang di satu sisi lalu buat rempel. Ukuran dan banyaknya rempel sesuai selera, pastikan lebar rok sedikit lebih dari lebar atasan.
  8. Sambungkan bagian atas dan bagian bawah. Kemudian jahit pita untuk pinggang.
  9. Jika kamu ingin menambahkan kantong silahkan. Ukuran kantong dapat disesuaikan dengan ukuran apron. Kamu juga dapat menambahkan pita satin dibagian pinggang dan kancing polkadot besar untuk hiasan di bagian atas kanan dan kiri.
Hasil akhir dipakai Amira (punya bunda yang dibelakang gak kelihatan)


Sebenarnya project apron ini paling mudah bagi pemula seperti saya yang baru belajar menjahit. Apron untuk keponakan bagian atas saya pakai bahan katun polos dan bagian roknya saya pakai katun motif. Kantong saya tambahkan di bagian atas apron. Sedangkan untuk bunda saya buat sebaliknya. Maaf kalau tutorialnya kurang jelas, karena keasikan jahit jadi lupa foto-foto. Sebenarnya saya ingin sekali membuat topi chef tetapi karena waktunya tidak cukup akhirnya belum dibuat. Semoga di project selanjutnya bisa buat topi chef untuk keponakan tercinta. Share project jahit yang pernah kalian buat ya di kolom komen. See Ya on next sewing project!!

LOVE


                        

No comments

Silahkan komen dibawah untuk sharing mengenai sewing & crafting, pertanyaan dan ingin berdiskusi mengenai project menjahit. Terimakasih sudah berkomentar dengan bahasa yang sopan. Maaf komen berisi backlink tidak saya tampilkan.